Friday , 11 November 2016, 12:30:42 am
Home / Bisnis / 4 Hal ini harus direnungkan supaya kita bangkit dari kegagalan

4 Hal ini harus direnungkan supaya kita bangkit dari kegagalan

Failure
Kegagalan via Under 30 CEO

Namanya gagal memang tidak enak. Yap, tidak enak. Ada yang sulit bangkit karena mempersulit diri dan ada juga yang bisa bangkit karena memiliki semangat. Jangan sekali – kali kita berfikir bahwa setelah gagal, dunia telah berakhir. Tenang kawan, Matahari belum meledak (he he he). Coba simak beberapa cara menyikapi kegagalan berikut ini, yang sering saya terapkan setiap saat, di saat saya gagal.

Kegagalan ada untuk mendewasakan diri kita

being mature
Jadilah dewasa lewat Kegagalan via Telegraph

Saat kita mengalami kegagalan dalam suatu hal, percayalah, Allah menguji kedewasaan dan bahkan ada untuk mendewasakan diri kita. Ada secerca sikap kita yang belum dewasa. Dalam kegagalan, kita belajar untuk memilah antara yang benar dan yang salah. Itulah makna bahwa kegagalan ada untuk mendewasakan.

Manusia datang dengan sepaket kegagalan sebelum berhasil

harus gagal dulu
Mau sukes tanpa gagal? Mimpi! via 1Cak

Jika kita mengalami kegagalan yang berulang dan berulang kali, itu tandanya Allah siapkan rencana yang lebih hebat untuk kita. Masih ingat sahabat kita Kang Rahman yang mengalami kegagalan besar lebih dari 4 kali dan jatuh beberapa kali namun akhirnya bisa bangkit? Yap, kita lihat Allah beberapa kali memberi cobaan kegagalan pada seseorang. Namun jika yakin akan berhasil, pasti akan tiba saatnya akan berhasil.

Saat kita gagal bisnis A, Bisnis B datang. Masih Gagal, Bisnis C menunggu.

Saat kita gagal mendapatkan Cinta si X, percayalah Cinta dari Sang Y, dan Z menunggu kita. He he he

Gagal? Coba lagi! Gagal lagi? Coba Lagi! Lagi – lagi gagal? Jangan menyerah, coba dan terus coba lagi hingga berhasil! Setiap orang memiliki paket kegagalan yang akan diikuti dengan paket keberhasilan. KEGAGALAN KITA AKAN HABIS!

Mungkin kita lupa pada sang pemberi Keberhasilan

ingat allah
Keep Calm And Remember Allah via Keep Calm O Matic

Coba kita tanya, apa kita terlalu fokus pada duniawi kita sehingga Hubungan kita pada Allah berkurang? Allah uji lewat kegagalan, barangkali kita sudah jauh dan terlalu jauh dariNya. Coba tanya, apakah ada Sholat kita yang terlewat? Apakah kurang rasa bersyukur kita? Apakah kita tak berdo’a sebelum melakukan sesuatu? Apakah kita mencampakanNya sebagai pemberi keberhasilan? Jika semua Jawabannya adalah ya, artinya kita harus memperbaiki hubungan kita seterusNya kepadanya. Tak hanya ketika gagal sebetulnya, namun seterusnya kita harus terus mengingatNya.

Sudahkah kita belajar dari orang – orang yang pernah berhasil (yang beberapa kali gagal)?

beberapa kali gagal
Top Ittipat Berulang kali Gagal Sebelum berhasil via Putri Ratnasari

Tak peduli apakah kita berasal dari keluarga yang berada, atau berasal dari keluarga yang tidak berada, semua orang memiliki kesempatan yang sama. Coba tengok sosok seperti Chairul Tanjung, BJ. Habibie, Top Ittipat, Steve Jobs dan banyak tokoh besar lainnya yang berasal dari orang tak punya! Mereka bisa berhasil karena kerja keras dan ketekunan dan berusaha bangkit dari kegagalan. Apakah orang – orang berhasil seperti mereka tak pernah gagal, saya jamin tidak! Semua pernah mengalami kegagalan.

Tak usah jauh – jauh, apakah disekitar kita ada orang – orang berhasil yang bisa kita contoh semangatnya untuk bangkit. Maka, belajarlah dan bergurulah dari mereka. Jadikan mereka mentor. Supaya kita tak mengulang kegagalan kembali

Contohlah mereka dalam semangat untuk bangkit kembali. Saya membiasakan membaca biografi, menonton Film kisah orang – orang sukses tersebut berulang kali, dan belajar rahasia mereka bisa bangkit. Diluar seperti yang kita bayangkan ternyata, mari kita tiru semangat mereka!

Yakinkan dan tanamkan dalam hati bahwa kita bisa berhasil!
Semoga kita menemui keberhasilan dari apa yang kita cita – citakan! Aamiin..!!

Oleh : Najip Ali Munajat

About najip