Thursday , 10 November 2016, 7:22:49 pm
Home / Bisnis / Kamu Mahasiswa dan Ingin memulai Bisnis? Jadi begini caranya

Kamu Mahasiswa dan Ingin memulai Bisnis? Jadi begini caranya

young businessman has an idea
Ide memulai bisnis via Intership Connection

Banyak mahasiswa yang bertanya mengenai tata cara memulai sebuah bisnis. Namun disamping ingin memulai bisnis, banyak tantangan bagi mahasiswa yang belum pernah sama sekali berpengalaman mengenai apa bisnisnya nanti, darimana modalnya, bersama siapa membangunnya, dimana  bisnisnya berkantor, darimana dimulainya, dan masih banyak lagi.

Kali ini saya akan berbagi tips dasar memulai sebuah bisnis dari point of view seorang mahasiswa. Berhubung saat ini pun saya masih seorang Mahasiswa di sebuah Universitas Swasta di Kab. Ciamis dan sudah memasuki bisnis yang di rintis menuju usia tahun ke-3.

  • Dari mana mendapatkan modal?
Hands Holding American Coins
Sumber pendanaan via WordPress

Memulai Bisnis tak lepas dari modal yang harus keluar. Hanya saja dengan status Mahasiswa, tentu tak mudah untuk memulai sebuah Bisnis dan terkadang kita terkendala modal. Berikut beberapa sumber yang bisa dijadikan sumber modal.

Menjadi Freelancer

advantages_disadvantages_of_being_a_freelancer
Menjadi Freelancer via Legal Zoom

Menjadi Pekerja lepas atau biasa disebut dengan Freelancer bisa dimulai dengan apa yang menjadi kemampuan kita yang mungkin bisa menghasilkan uang. Saya beri contoh jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris, namun waktu terbatas, kamu bisa menjadi seorang Freelancer untuk menjadi partner dibidang Speaking dalam Bahasa Inggris untuk seseorang yang ingin memiliki partner ketika belajar berbahasa Inggris. Atau jika kamu memiliki kemampuan sketching, kamu bisa membuat jasa sketching wajah. Contoh lain kamu berkemampuan editing foto, kamu bisa menawarkan jasa editing foto. Masih banyak contoh lain. Bergantung pada kemampuan kamu. Perlahan uang yang di sisihkan dari pendapatannya bisa kamu gunakan sebagai modal.

Menjadi dropship sebuah produk

menjadi-dropship
Dropship Produk via Watch Man Advisors

Untuk menjadi Dropship, modal yang dikeluarkan relatif kecil. Karena kita tidak harus membeli produk yang akan dijual.

Mencari pemodal dari lingkungan keluarga

Shopping carts sit near the entrance of a Family Dollar Stores Inc. location in Sterling, Illinois, U.S., on Tuesday, March 27, 2012. Family Dollar Stores Inc., the second-largest U.S. dollar store chain, is scheduled to report quarterly earnings on Wednesday, March 28, before the opening of U.S. financial markets. Photographer: Daniel Acker/Bloomberg via Getty Images
Investor sebagai pemodal via Fortune Builders

Cara lainnya adalah dengan cara menceritakan konsep bisnis kita pada keluarga terdekat kita. Tanamkan visi bahwa ini bersifat mencari Investor dan bukan semata berniat hanya meminta modal. Bisa dimulai dari Orang tua kita, kakak kita, lalu ke sepupu, dan keluarga besar kita. Ceritakan semenarik mungkin. Bila perlu tulis rincian secara lengkap apa saja yang akan dibutuhkan berikut keuangan yang dibutuhkan. Beserta sistem permodalannya apakah sekedar meminjam yang kelak akan dikembalikan, atau akan membagi hasil dari pendapatan yang didapatkan nanti.

Ketika mencari pemodal dari lingkungan keluarga, berusahalah untuk tetap profesional dan menganggap bahwa kita berusaha mencari Investor sebagaimana kita mencari investor yang bukan dari lingkungan keluarga kita.

Mencari pemodal dari lingkungan Para Pengusaha

investor-dari-kalangan-pengusaha-mapan
Mencari Investor dari kalangan Pengusaha Mapan via Fortune Builders

Coba bergabung dengan sekumpulan pengusaha. Ada banyak komunitas pengusaha baik dari Regional (Contoh: Paguyuban Pengusaha Muda Tasikmalaya) maupun Nasional (Contoh: HIPMI). Cari pengusaha yang mungkin memiliki visi yang mirip dengan kita, lalu bisa kita rangkul dengan cara menceritakan konsep bisnis kita. Dan bila perlu, buat proposal bisnis kita untuk media memudahkan calon pemodal kita untuk memahami bisnis kita.

  • Memulai bisnis apa?
business-plan
Business Plan via Starting a Business Successfully

Coba mulai bisnis dengan hal yang paling mudah kita fahami. Seperti yang saya sebutkan tadi di bagian menjadi Freelancer, kita bisa mentransformasi Bisnis Freelance kita menjadi sebuah Bisnis yang lebih tersistem dan dibangun dengan tim.

  • Memasarkan bisnis kita dengan cara apa?
social-media-for-small-businesses
Memasarkan Produk melalui Media sosial viaVihaan HiTech

Di era digital ini, pemasaran produk lebih dipermudah dibanding dengan masa lampau. Kita bisa memanfaatkan Gadget kita untuk memasarkan produk kita. Mulai dengan sosial media yang menyediakan fitur bisnis seperti Facebook, Twitter, BBM, LINE, dsb. Smartphone yang biasa kita gunakan untuk berkomunikasi bisa kita gunakan untuk melakukan pemasaran produk kita. Cara lainnya, kita bisa melakukan pemasaran dengan mencari Distributor atau menerima Reseller ataupun Dropship.

Nah, ternyata ada banyak jalan untuk memulai Bisnis sebagai seorang Mahasiswa. Tentu masih banyak tips lanjutan yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu disini. Semoga bermanfaat untuk teman – teman sekalian. Silakan tinggalkan uneg – uneg di kolom komentar.

About najip