Friday , 11 November 2016, 12:31:05 am
Home / Bisnis / Kuliah sambil berbisnis? Bisa dong!

Kuliah sambil berbisnis? Bisa dong!

kuliah sambil berwirausaha
Kuliah sambil berbisnis via Comm Digi News

Yang muncul di benak teman – teman melihat judul di atas pasti dalam hati berkata “Ah, gak mungkin!”, “Ah, gak bakalan bisa fokus!”.

Iya iya, tenang tenang. hehehe
Saya tahu apa yang ada dibenak teman – teman pikirkan adalah, pasti tidak bisa fokus. Padahal , jangan salah lho, salah satu teman kita pun ada yang sukses di usia 20-an ketika masih kuliah.
Saya sendiri pun sekarang berusia baru 20 tahun ketika menulis tulisan ini dan masih kuliah. Tepatnya saya sedang mengenyam Semester 3 di Universitas Galuh di Ciamis, Jawa Barat. Ya, Memang sih bukan tempat kuliah kenamaan, namun setidaknya saya masih bersyukur dan beruntung bisa merasakan bangku perkuliahan, mendapatkan banyak kenalan, dan mendapat banyak Ilmu.
Memang tidak gampang, namun berarti bukan tak bisa kita lewati.
Menulis tulisan ini belajar dari berbagai pengalaman, berikut saya beri tips untuk teman – teman yang ingin berwirausaha atau berbisnis sembari menjadi mahasiswa dan berkuliah.
Kuliahnya dimana ya?
Menentukan akan dimana kita berkuliah memang bukan hal sembarangan dan akan mempengaruhi kinerja bisnis kita nanti. Hal yang saya sarankan pertama kali adalah lokasi tempat perkuliahan kita jangan sampai terlalu jauh dari lokasi kita merintis bisnis. Maksimal masih satu Kota dengan tempat bisnis kita, apapun asal masih terjangkau lokasinya.
Berkuliahlah dekat tempat Bisnis kita via PROFILE
Hal yang biasanya pertama kali muncul adalah gengsi. Gengsi apa? Yap, gengsi antara PTN atau PTS. Oh ayo lah! Kita kuliah tujuannya apa? Kembali ke tujuan asal. Saya tidak menganggap kuliah di Universitas Negeri tidak sah jika sambil berbisnis, namun jangan sampai bisnis kita gugur setelah kita menentukan berkuliah di tempat yang jauh hanya karena mencari kata PTN.
PTN PTS sama
PTN atau PTS itu sama aja via Nyunyu
Lain halnya jika PTN yang teman – teman targetkan berlokasi tak jauh dari tempat sahabat berbisnis. Negeri atau Swasta tak akan pernah menjamin apakah bisnis kita akan besar atau malah mengecil.
Takut tak bisa Fokus
Masalah klasik mahasiswa pebisnis satu ini memang tak bisa di anggap remeh. Tapi tenang, beberapa tempat perkuliahan menyediakan waktu yang lebih fleksibel untuk Mahasiswa berkuliah.
Kelas Karyawan adalah kelas yang disediakan Universitas bagi Mahasiswa yang melakukan perkuliahan sambil Bekerja atau menjadi Eksekutif Muda (Kayak saya, He he he he).
Kelas Karyawan, kelasnya Pekerja dan Eksekutif Muda via YSF Magazine
Jadwal perkuliahannya pun bermacam – macam. Ada yang hanya di Hari Minggu Full, ada yang akhir pekan Full (sabtu dan minggu), ada yang kelas malam, dan ada pula yang jadwalnya bisa kita tentukan sendiri dalam seminggu asal memenuhi SKS. Cari juga Perguruan tinggi yang memiliki Kurikulum yang fleksibel dan bisa menunjang waktu kita nanti.
Kuliah Flexibel
Kuliah ditempat yang fleksibel via Fox News
Kelas karyawan di Perguruan Tinggi tempat saya berkuliah pun adalah Kelas Karyawan akhir pekan. Saya sendiri me-manage waktu dengan cara berikut:
  • Senin : Full untuk Mengerjakan tugas Kuliah (apapun yang terjadi, jangan menunda Tugas)
  • Selasa – Kamis : Full fokus berbisnis
  • Jum’at : Untuk beristirahat (Terkadang masih berbisnis)
  • Sabtu & Minggu : Jadwal berkuliah
So, waktu bukan alasan bagi saya. He he he he
Keep Calm and Fokus Kuliah
Bagaimana dengan pengambilan jurusan?
Nah, ini yang jadi problem nih biasanya. Jangan sampai salah jurusan lho ya! Jurusan yang sahabat ambil memang sahabat tentukan sendiri. Saya merekomendasikan Jurusan Manajemen. Tapi tak terpaku juga. Sahabat bisa mengambil jurusan yang berhubungan dengan bisnisnya.
memilih jurusan kuliah
Dilema memilih Jurusan kuliah via Kirman Syam
Saya ambil contoh teman – teman punya bisnis dibidang Tumbuhan dan Pangan serta hasil tani, teman – teman bisa ambil jurusan Agribisnis atau ekonomi pertanian. Atau bisa juga teman – teman yang berbisnis dibidang Photography bisa ambil jurusan Desain Grafis. Atau contoh yang lainnya lagi teman – teman berbisnis dibidang IT, tentu mengambil jurusan Informatika atau Telematika.
Untuk yang mencakup secara Umum, teman – teman bisa mengambil Jurusan Manajemen atau Business Administration.
Plusnya apa jika jurusannya tepat? Kita bisa kuliah sambil praktek Ilmu yang kita dapat di perkuliahan. Tentu ini jadi nilai Plus. Istilahnya curi start dibanding orang lain. he he he 🙂
Kelebihan Berbisnis sambil kuliah?
Lho? Emang ada? Banyak! Kita bisa mendapatkan Jaringan perkenalan lebih banyak! Kita bisa mendapatkan Ilmu yang kita tak bisa dapatkan di tempat non formal! Kita bisa membuka lapangan kerja untuk rekan – rekan kita! Kita bisa mencari Jodoh! (yang ini opsional, he he he), dan tentunya kita bisa mendapatkan Title untuk memperkuat Kredibilitas kita dalam berbisnis.
Memang betul, ilmu bisa didapat ditempat selain perkuliahan. Namun percayalah! Ada banyak pengalaman berharga yang sangat sayang untuk dilewatkan.
kelebihan mahasiswa pebisnis
Kuliah sambil berbisnis itu banyak kelebihannya
Satu hal yang saya tekankan, prinsip dan tujuan kita janganlah hanya mencari Label Mahasiswa saja, atau mencari gelar. Ini kesalahan besar. Kita niatkan tujuan kita untuk mencari Ilmu dan bersilaturahmi dengan banyak orang.
Satu hal lagi, jangan terlalu fokus mengenai kapan kita lulus atau seberapa bagus nilai kita. Pikirkan tujuan kita berkuliah untuk hal apa. Kita berkuliah bukan untuk mencari ijazah untuk melamar kerja, melainkan untuk mencari Ilmu.
Semoga teman – teman sukses dengan tujuan terbaiknya. The Best untuk teman – teman!
Oleh : Najip Ali Munajat
 

About najip